Sabtu, 06 September 2014

Menggabungkan File Word dan Membuatnya Jadi Format PDF

Kamu akan menjadi repot saat akan mengeprint file word yang terpisah-pisah, karena tidak bisa digabungkan dalam satu file. Misalnya, saat akan mengeprint bahan seminar atau skripsi, file ini mempunyai halaman, jika digabung dalam satu file tidak bisa karena akan bermasalah pada page numbernya. Jadi, untuk mengeprintnya kamu harus bolak-balik tekan Ctrl + P kan?
Berikut ini akan saya paparkan cara bagaimana membuat dokumen word kamu menjadi sebuah file PDF. Cukup hanya satu kali Ctrl + P, semua dokumen word yang terpisah-pisah tadi bisa dicetak, dan ini akan berpengaruh pada efisiensi waktu dan biaya kamu.
Untuk menggabungkan beberapa file word, kamu cukup mempunyai satu software ini, yaitu PDF Creator. PDF Creator bukan hanya berfungsi untuk menggabungkan file word saja, tapi kamu bisa menggunakannya untuk file format lainnya. Namun, disini saya hanya akan menjelaskan bagaimana memanfaatkan software ini untuk menggabungkan beberapa file word menjadi satu file. Jika komputer kamu belum terinstal PDF Creator, Silahkan Download DISINI.
Setelah berhasil mendownload aplikasi (software PDF Creator), kamu langsung install aplikasi tersebut. Jika proses instalasi selesai, saatnya untuk menggabungkan beberapa file word mu menjadi satu file PDF. Caranya :
  • Pada desktop lihat ikon Aplikasi, lalu buka aplikasi tersebut.

  • Pilih tab add (tanda + berwarna biru).

  • Cari folder tempat penyimpanan file-file word yang ingin digabungkan. Sebaiknya sebelumnya file-file yang akan digabung dibuat dalam satu folder supaya mudah dan cepat dalam penggabungan/ tinggal blok sekali semua). Perhatikan Files of Type jika tidak ada file yang terlihat, ganti menjadi All files, maka setelah itu akan kelihatan filenya.

  • Arahkan Kursor ke salah satu file, klik, lalu Ctrl + A (blok), open.

  • Tunggu beberapa saat, aplikasi akan membuka file Anda. Lama proses ini tergantung banyak file yang akan      digabungkan.

  • Pilih tab Combine all (Gambar tiga lembar kertas garis berwarna merah bersusun). Sebelum proses penggabungan Anda dapat mengatur urutan halaman file pada tahap ini juga.

  • Setelah itu file akan hanya terlihat satu saja (sudah dikombinasi).

  • Pilih print (gambar printer, tepat disamping tanda add).

  • Save dan buat nama file Anda yang baru.

  • Selesai. Jika proses berhasil, maka file baru yang sudah digabung akan otomatis terbuka.
Demikianlah cara untuk menggabungkan file word menjadi satu dokumen yang padu dengan format PDF. Masih banyak pengaturan yang bisa Anda lakukan, misalnya keamanan file. Tergantung Anda apakah mau mengatur atau tidak. File Anda bisa hanya dibaca dan tidak bisa dikopi maupun diprint. Anda bisa mempelajarinya sendiri, semakin anda rutin menggunakannya semakin banyak yang Anda ketahui.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate

Telusuri