Pengertian
Buku teks tidak dapat
dipisahkan dari dunia pendidikan. Sebagai media dan sumber pembelajaran, buku
teks mampu mentransformasikan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai kehidupan yang
berkaitan dengan kompetensi dasarnya yang diajarkan. Pemilihan buku teks sangat
penting berkaitan dengan kualitas dan sesuai dengan kurikulum yang berlaku
(KTSP).
Buku teks adalah buku
pelajaran yang disusun oleh para ahli atau pakar dalam bidangnya untuk
menunjang program pengajaran yang telah digariskan oleh pemerintah.
Manfaat buku antara
lain adalah:
a) meningkatkan
perhatian dan motivasi belajar,
b) memberikan variasi
dalam belajar,
c) memberikan struktur
yang memudahkan belajar,
d) menyajikan inti
informasi belajar,
e) memberikan
contoh-contoh yang lebih kongkret,
f) merangsang berpikir
analisis,
g) memberikan situasi
belajar yang tanpa tekanan
Fungsi dan peranan buku
teks itu adalah:
(a) mencerminkan suatu
sudut pandang yang tangguh dan modern mengenai penagjaran serta
mendemonstrasikan aplikasinya dalam bahan pengajaran yang disajikan,
(b) menyajikan suatu
sumber pokok masalah yang kaya, mudah dibaca dan bervariasi yang sesuai dengan
minat dan kebutuhan para siswa, sebagai dasar bagi program-program kegiatan
yang disarankan dimana keterampilan-keterampilan ekspresional diperoleh di
bawah kondisi-kondisi yang menyerupai kehidupan yang sebenarnya,
(c) menyediakan suatu
sumber yang tersusun rapi dan bertahap mengenai keterampila-keterampilan
ekspresional yang mengemban masalah pokok dalam komunikasi,
(d) metode da sarana
penyajian bahan dalam buku teks harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Misalnya
harus menarik, menantang, merangsang, bervariasi sehingga siswa benar-benar
termotivasi untuk mempelajari buku teks tersebut,
(e) menyajikan fiksasi
(perasaan yang mendalam) awal yang perlu dan juga sebagai penunjang bagi
latihan-latihan dan tugas-tugas praktis,
(f) di sampin sebagai
sumber bahan buku teks juga berperan sebagai sumber atau alat evaluasi dan
pengajaran remidial yang serasi dan tepat guna (Green dan Petty dalam Tarigan
1986)
Fungsi buku teks bagi
guru adalah
sebagai pedoman untuk mengidentifikasi apa yang harus diajarkan atau dipelajari
oleh siswa, mengetahui urutan penyajian bahan ajar, mengetahui teknik dan
metode pengajaranya, memperoleh bahan ajar secara mudah, mdan menggunaknya
sebagai alat pembelajaran siswa di dalam atau diluar sekolah (Krisanjaya
1997:85).
Fungsi buku teks bagi
siswa adalah sebagi sarana kepastian tentang apa
yang ia pelajari, alat kontrol untuk mengetahui seberapa banyak dan seberapa
jauh ia telah menguasai materi pelajaran, alat belajar (di luar kelas buku teks
berfungsi sebagai guru) di mana ia dapat menemukan petunjuk, teori, maupun
konsep danbahan-bahan latihan atau evaluasi (Krisanjaya 1997:86).
Simpulan
Buku teks merupakan
salah satu jenis buku pendidikan. Buku teks adalah buku yang berisi uraian
bahan tentang mata pelajaran atau bidang studi tertentu, yang disusun secara
sistematis dan telah diseleksi berdasarkan tujuan tertentu, orientasi
pembelajaran, dan perkembangan siswa, untuk diasimilasikan.
Sebagai buku
pendidikan, buku teks memainkan peranan penting dalam pembelajaran. Dengan buku
teks, program pembelajaran bisa dilaksanakan secara lebih teratur sebab guru
sebagai pelaksana pendidikan akan memperoleh pedoman materi yang jelas. Guru
dapat mengetahui materi yang harus diajarkan dan dipelajari siswa.
Dengan membaca buku
teks, siswa akan dapat terdorong untuk berpikir dan berbuat yang positif,
misalnya memecahkan masalah yang dilontarkan dalam buku teks. Di samping itu,
buku teks dapat sebagai alat kontrol untuk mengetahui materi yang dikuasai dan
sebagai alat belajar di luar kelas.
0 komentar:
Posting Komentar